Pesawat Helicopter Bell 429









Role Multipurpose utility helicopter
National origin United States/Canada
Manufacturer Bell Helicopter
First flight 27 February 2007
Introduction 2009
Status In service
Produced         2007–present
Unit cost         US$7.5 million (basic configuration, 2014)


Bell 429 GlobalRanger adalah helikopter bermesin ganda yang dikembangkan oleh Bell Helicopter dan Korea Aerospace Industries, berdasarkan Bell 427. Penerbangan pertama dari prototip Bell 429 berlangsung pada tanggal 27 Februari 2007, dan pesawat tersebut menerima sertifikasi jenis pada bulan Juli 1, 2009. Bell 429 mampu melakukan operasi single-pilot IFR dan Runway Category A.

Pengembangan
Dorongan untuk mengembangkan Bell 429 datang terutama dari industri layanan darurat medis (EMS), yang sedang mencari helikopter yang diperbarui. Bell 427 pada awalnya ditujukan untuk menangani pasar ini, namun ukuran kabin kecil 427 itu tidak cukup mengakomodasi sampah pasien, dan sistem tersebut tidak mendukung sertifikasi aturan penerbangan (IFR). Konsep asli Bell untuk 429 adalah model 427 yang terbentang (diluncurkan sebagai Bell 427s3i pada helikopter helikopter HAI 2004), namun ini tetap tidak memberikan apa yang dicari oleh Bell dan penasihat pelanggannya.

Bell meninggalkan kerangka badan 427 dan beralih ke badan pesawat konsep MAPL (Modular Affordable Product Line) yang masih dalam pengembangan konseptual pada saat itu. 429 menggunakan konsep kerangka pesawat modular all-new dan desain sudu rotor canggih dari program MAPL, namun mempertahankan mesin turunan dan sistem penggerak rotor dari 427. Model dasarnya mencakup kokpit kaca dan disertifikasi untuk IFR pilot tunggal. Bell bermitra dengan Korea Aerospace Industries dan Mitsui Bussan Aerospace of Japan dalam pengembangan helikopter.

Bell telah menerbangkan sebagian besar komponen teknologi MAPL yang penting, menggunakan pesawat terbang berkapur 427, pada bulan Februari 2006. Pesawat pertama yang dilengkapi 429 terbang pada tanggal 27 Februari 2007. Sertifikasi pada awalnya direncanakan pada akhir 2007, namun penundaan jadwal program, terutama disebabkan oleh suku cadang dan kekurangan material yang umum terjadi pada semua produsen penerbangan dalam jangka waktu tersebut, menyebabkan produsen meregangkan jadwal pengembangan. Pada bulan Oktober 2007, konfigurasi eksternal ditetapkan. Pada bulan Februari 2008, Bell memiliki tiga 429 dalam pengujian penerbangan yang telah menyelesaikan 600 jam terbang. 429 melakukan pengujian ketinggian tinggi di Colorado dan pengujian suhu tinggi di Arizona.

Helikopter tersebut menerima sertifikasi jenis dari Transport Canada Civil Aviation (TCCA) pada tanggal 1 Juli 2009, dan dari Federal Aviation Administration (FAA) pada tanggal 7 Juli 2009. Sertifikasi EASA diumumkan di Helitech pada tanggal 24 September 2009 .CCA dan pihak berwenang di beberapa negara lain kemudian menyetujui pembebasan berat badan yang meningkat untuk pesawat terbang tersebut. Namun, FAA dan EASA tidak setuju dengan pembebasan berat, yang memungkinkan 429 beroperasi untuk Penjaga Pantai Kanada.

Sampai Juni 2009, Bell 429 telah menerima lebih dari 301 pesanan. Peluncuran pelanggan untuk Bell 429 adalah Air Methods Corporation, penyedia medevac terbesar di Amerika Serikat. Pada tanggal 7 Juli 2009, pesawat pelanggan pertama (s/n 57006) dikirim ke Air Methods (pemilik) dan Mercy One (operator) di fasilitas Bell di Mirabel, Quebec.

Desain
Bell 429 memiliki sistem rotor empat pisau dengan balok flex lembut di dalam pesawat. Bilah rotornya komposit dan memiliki tip menyapu untuk mengurangi kebisingan. Rotor ekor dibuat dengan menumpuk dua, rotor dua pisau yang dipasang pada interval yang tidak rata (membentuk X) untuk mengurangi kebisingan. Volume kabin gabungan adalah 204 ft³ (5,78 m³) dengan kabin penumpang 130 kaki dan area bagasi 74 kaki, [6] dengan lantai datar untuk pemuatan pasien. Satu set pintu clamshell belakang di bawah tailboom opsional untuk memudahkan pemuatan pasien dalam operasi EMS.

The 429 memiliki kokpit kaca dengan autopilot tiga sumbu (opsional keempat sumbu kit) dan direktur penerbangan sebagai standar.Standard landing gear adalah meluncur. Roda pendaratan roda yang bisa ditarik adalah opsional dan menambah lima kts untuk kecepatan jelajah. Helikopter ini adalah pilot tunggal kategori IFR Category A helicopter. Hal ini mampu beroperasi dengan satu mesin yang tidak beroperasi. Transmisi utama diberi nilai selama 5.000 jam antara overhaul dan gearbox rotor ekor diberi nilai 3.200 jam.

Operator: Australia, Kanada, Kuwait, Oman, Puerto Riko, Slowakia, Swedia, Turki, Amerika Serikat, Inggris, Thailand

Spesifikasi (Bell 429)
Karakteristik umum
Kru                         : satu pilot
Kapasitas                 : 7 penumpang ( 6 di kompartemen penumpang, 1 di samping pilot) 
Panjang : 41 kaki 8 in (12,7 m)
Diameter rotor : 36 kaki (10,97 m)
Tinggi : 13 kaki 3 in (4,04 m)
Berat kosong : 4,245 lb (1,925 kg)
Beban yang berguna : 2,755 lb (1,250 kg)
Maks. Berat lepas landas : 7.000 lb (3,175 kg)
Volume kabin : 204 ft³ (5,8 m³)
Powerplant : 2 × Pratt & Whitney Canada PW207D1 turboshaft, 625 shp (466 kW); 730 shp (545 kW) daya lepas landas [6] masing-masing

Kinerja
Jangan pernah melebihi kecepatan : 155 kn [6] (178 mph, 287 km / jam)
Kecepatan pelayaran : 150 knot (172,5 mph, 273 km / jam)
Rentang         : 390 nmi (449 mil, 722 km)
Langit-langit layanan : 20.000 kaki (6.096 m)

Sumber ;

No comments:

Post a Comment