Pesawat Beriev Be-12 Chaika







Role Maritime patrol aircraft
Manufacturer Beriev OKB
First flight 18 October 1960
Introduction 1960s
Status Operational (in small numbers)
Primary user Soviet Naval Aviation
Developed from Beriev Be-6

Beriev Be-12 adalah penerus kapal terbang Beriev Be-6, yang peran utamanya adalah sebagai pesawat pembom patroli anti-kapal selam dan maritim. Meskipun menelusuri asal-usulnya menjadi Be-6, Be-12 mewarisi sedikit lebih banyak daripada sayap camar dan konfigurasi ekor oval kembar dari pesawat yang lebih tua. Be-12 memiliki mesin turboprop, yang memberikan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik daripada Be-6. Be-12 juga memiliki landing gear yang dapat ditarik, yang memungkinkannya mendarat di landasan pacu tanah normal, dan juga air.

Be-12 pertama kali diterbangkan pada 18 Oktober 1960, di lapangan terbang Taganrog, dan melakukan penampilan publik pertamanya di perayaan Hari Penerbangan Soviet 1961 di lapangan terbang Tushino. Sebanyak 150 pesawat diproduksi, dalam beberapa variasi, dengan produksi berakhir pada tahun 1973.

Be-12 memasuki layanan dengan Soviet Naval Aviation, atau AV-MF (Aviatcia Voenno-Morskogo Flota), pada awal 1960-an dalam peran patroli maritim, dan merupakan satu dari sedikit amfibi yang masih bertugas di dinas militer di dunia. Awalnya, perannya adalah patroli ASW, namun ketika rudal baru memungkinkan kapal selam Angkatan Laut Amerika Serikat untuk diluncurkan dari lepas pantai lebih jauh, kapal tersebut diubah menjadi peran pencarian dan penyelamatan (Be-12PS). Jumlah kecil masih dalam pelayanan. Setelah pembubaran Uni Soviet, beberapa pesawat diubah menjadi pengebom air untuk penindasan kebakaran hutan. Selama pengembangan peralatan pemadam kebakaran Beriev Be-200 yang unik diuji menggunakan Be-12P yang dimodifikasi secara khusus, diberi kode "12 Kuning". Setelah pemasangan sistem pemadam kebakaran, pesawat tersebut terdaftar sebagai RA-00046 dan diberi sebutan Be-12P-200. Be-12 yang dimodifikasi ini juga digunakan untuk operasi pemadam kebakaran percobaan yang dipertimbangkan untuk Be-200. Menurut angka yang dirilis pada tahun 1993, Angkatan Laut Rusia memiliki 55 pesawat dalam dinas. Pada tahun 2005 ini turun menjadi 12, dan pada tahun 2008 hanya ada sembilan pesawat yang masih beroperasi. Sebuah Be-12 yang masih bertahan dipelihara di Museum Angkatan Udara Pusat di Monino, di luar Moskow. Contoh lain ada di Museum Penerbangan Negara Ukraina di Kiev, Ukraina dan di Museum Udara Taganrog, di Rusia selatan.

Varian
Be-12
Pengintai maritim bermesin ganda, kapal selam anti-kapal selam. 2 prototip dan 130 pesawat terbang produksi.
Be-12EKO
Proyeksi versi pengintaian ekologi. Tidak dibangun
Be-12I
Proyeksi versi penelitian ilmiah yang dirancang pada tahun 1991. Tidak dibangun.
Be-12LL
Konversi untuk menguji rudal anti-pengiriman 3M-80 'Moskit'. Radar hidung diganti dengan kepala pencari rudal. Satu pesawat dikonversi pada tahun 1980.
Be-12N
Versi ASW dilengkapi dengan sensor baru, avionik, sensor MAD dan sistem pencarian / serangan Nartsiss. 27 pesawat dikonversi
Be-12Nkh
Transportasi utilitas, versi transport penumpang eksperimental. Peralatan militer dilepas, tersedia jendela tambahan. 2 dibangun, keduanya dikonversi dari Be-12.
Be-12P
Versi pemadam kebakaran Satu tangki 4.500 l dan dua tangki 750 l dipasang. Empat pesawat dikonversi pada tahun 1992.
Be-12P-200
Demonstran teknologi untuk Beriev Be-200. Konfigurasi pemadam kebakaran. Satu pesawat dikonversi. [3]
Be-12PS
Versi pencarian dan penyelamatan marinir Rakit hidup dan peralatan bertahan hidup dibawa. 6 kru 10 dibangun baru, 4 dikonversi dari Be-12.
Be-12SK
Satu pesawat dikonversi pada tahun 1961 untuk digunakan dalam tes muatan nuklir SK-1.
Be-14
Semua cuaca, versi SAR siang / malam. SAR tambahan dan peralatan medis. 6 kru Mesin AI-20D Satu dibangun
M-12
Stripped-down Be-12 digunakan untuk proses perekaman. 2 kru Kemudian kembali ke konfigurasi standar.

Operator : Mesir, Rusia, Uni Soviet, Suriah, Ukraina, Vietnam

Spesifikasi (Be-12)
Karakteristik umum
Kru : empat
Panjang : 30,11 m (98 kaki 9 inci)
Lebar sayap : 29,84 m (97 kaki 11 inci)
Tinggi : 7,94 m (26 kaki 1 inci)
Daerah sayap : 99,0 m² (1.065 kaki²)
Bobot kosong : 24.000 kg (52.800 lb)
Bobot berat : 29.500 kg (64.900 lb)
Maks. Berat lepas landas : 36.000 kg (79.200 lb)
Powerplant : 2 × Ivchenko Kemajuan AI-20D turboprops, 3.864 kW (5.180 hp) masing-masing

Kinerja
Kecepatan maksimal : 530 km / jam (290 kn, 330 mph)
Rentang : 3.300 km (1.800 nmi, 2.100 mi)
Langit-langit layanan : 8.000 m (26.247 kaki)
Wing loading : 298 kg / m² (61 lb / ft²)
Daya / massa : 260 W / kg (0,16 hp / lb)
Persenjataan : 1.500 kg (3.300 lb) toko eksternal, termasuk bom, muatan dalam dan torpedo

sumber :